cara membersihkan lensa teleskop senapan angin - GSA Sport

Posted by

CARA MEMBERSIHKAN EMBUN AIR PADA TELESCOPE Pada tulisan kesempatan ini gw cobalah sharing pengalaman mengenai bagaimana bersihkan embun yang melekat pada lensa telescope (lensa depan atau belakang) dalam soal ini telescope senapan angin maupu gas.







Telescope senapan angin mengembun dapat dikarenakan oleh berbagai macam aspek, diantaranya lantaran aspek umur gunakan/usia dari telescope tersebut, umpamanya dapat karena sebab seal karet (berupa O ring) pada telescope mungkin saja telah mulai uzur dikonsumsi umur hingga kerapatannya menyusut pada akhirnya muncul celah buat hawa masuk kedalam, walau sebenarnya manfaat dari seal karet itu untuk menahan agar hawa tidak bisa masuk. Umumnya hal semacam ini berlangsung pada telescope palsu/kw seperti produk2 buatan china, meskipun tak semuanya namun umumnya product china yang harga di bawah 1 jt bila tak rajin dirawat gampang terkena penyakit ini. (istilahe wong jowo " ono rega, ono rupa). Aspek lainya yaitu lantaran telescope pernah dibongkar atau di buka yang automatis hawa masuk dalam telescope, hingga ketika dipasang kembali (ditutup) bakal muncul embun air dilensa telescope.
Untuk menangani persoalan di atas saya ada pengalaman yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk sahabat sobat semuanya, yakni dengan memakai kapur barus (kamper/champor) yang umum digunakan buat anti ngengat serta serangga di dalam almari baju. Untuk detil nya tersebut penuturannya :

Alat serta bahan2 yg dibutuhkan :
satu butir kapur barus/kamper (bebas ingin merk apa saja yang utama kapur-barus)
lap kain bersih serta kering yang lembut teksturnya (contoh : pembersih kaca mata)
kanebo (agar lensa tak tergores)
cairan pembersih, dapat shampo/sabun cair seperti sunlight dll.
air bersih seperlunya
hair dryer/pengering

Langkah 2 pembersihan :
pertama tama buka lensa telescope yang mengembun, kemudian batang telescope kita amankan di tempat yang kering serta bebas debu (untuk hindari kemungkinan kemasukan debu serta kotoran sepanjang sistem pembersihan)
basahi kanebo dengan air bersih, kemudian peras kanebo untuk kurangi kandungan air.
bersihkan lensa dengan memakai air bersih, ingat janganlah sangat banyak air yang dipakai lantaran memiliki resiko air masuk ke sela2 lensa, yang dibikin bersih hanya permukaan lensa lantaran pada step ini maksud intinya yaitu singkirkan debu yang melekat pada lensa.
sesudah debu betul-betul bersih, bersihkan perlahan-lahan permukaan lensa dengan kanebo yang telah di beri cairan pembersih (dapat memakai shampoo atau pembersih yang lain seperti sunlight buat bersihkan piring, dll.). " Yang butuh dipehatikan pada step ini yaitu sistem pembasuhan dengan lap atau kanebo mesti satu arah terus-terusan janganlah acak atau bolak balik, juga desakan basuhan janganlah sangat keras lantaran dapat mengakibatkan lensa tergores apbila nyatanya masihlah ada debu yang melekat pada kain lap ataupun lensa tersebut. "
pemakaian shampo atau cairan pembersih yang lain selain untuk menyingkirkan debu, juga berfunsi untuk menyingkirkan minyak/pelumas yang mungkin saja dengan cara tak berniat tersentuh ketika pembongkaran telescope tersebut.
sistem setelah itu sesudah lensa betul-betul bersih yaitu pengeringan. pertama tama lensa dikeringkan dengan memakai lap kain bersih dengan struktur yang lembut (dapat memakai kanebo ataupun kain pembersih kaca mata), pada sistem ini pembersihan cuma hanya menguragi kandungan air yang melekat bukanlah untuk betul-betul mengeringkan lensa. butuh diingat dalam step ini dapat berlaku ketetapan seperti point no. 4 mesti searah mengelapnya. Sistem pengeringan yang ke-2 dengan memakai hair dryer atau pengering rambut yang umum dipakai disalon2, permukaan lensa ataupun sela-selanya mesti benar -benar kering sebelumnya pemasangan telescope kembali.
alternatif lain jika bebrapa rekanan tak miliki hair dryer dapat lewat cara dijemur pada cahaya matahari segera atau dapat pula memakai kipas angin, walau demikian akhirnya kurang optimal lantaran peluang ada debu yang bakal turut melekat lantaran permukaan lensa belum betul-betul kering, diluar itu prosenya juga mengonsumsi saat yang lumayan lama dibanding dengan memakai hair dryer.
sembari menanti lensa betul-betul kering, ambillah batang telescope yang kita amankan tadi serta sediakan kapur barus/kamper. Pecah kapur barus tadi jadi sisi kecil, lantaran yang kita perlukan cuma sedikit saja. ambillah kapur barus kurang lebih seukuran biji padi/beras ( " jawa : gabah " ) masukan dalam sisi dalam/batang telescope yang tadi kita bongkar, janganlah ditempatkan di bagian yang sangat dalam (paling aman di bagian depan-bawah) umumnya dalam telescope ada susunan pelumas/sealer, tempatkan kapur barus tadi pas diatasnya ini berperan untuk melengketkan kapur barus agar tak lari kemana2 lantaran karakter dari pelumas tadi lengket hingga kapur barus tadi dapat nempel.
paling akhir.... gunakan/rakit kembali telescope, kencangkan dengan cara belahan. Perhatian : dalam sistem pemasangan/pengrakitan kembali tangan kita mesti betul-betul bersih serta kering, bebas dari minyak serta debu jadi upayakan sebelumnya pemasangan kita mesti membersihkan tangan kita dengan air sabun terlebi dahulu
sesudah telescope terpasang kembali umumnya bakal muncul uap air atau embun pada lensa, namun janganlah cemas tunggulah sebentar sembari kita keringkan lagi dengan hair dryer uap air tadi bakal hilang dengan sendirinya, kemudian.... clinggg... lensa kembali bening umum buat ngaca serta pastinya siap buat dar... der... dor... lagi.
sekian mudah-mudahan penjelasan ini ada faedahnya untuk rekan2 sekalian, bila ada kekurangan serta kelirunya gw tunggulah comment serta kritik bangunnya, matur nuwun...


artikel yang lain :
panduan instant bersihkan telescope
pilih laras senapan
type serta spesifikasi peluru/pelor senapan
jumlah alur laras senapan angin
setting-peredam-pada-senapan
panduan-memotong-laras-senapan
cara-mengecek-kekuatan-angin-senapan
navigasi-darat
perlengkapan-dan-perlengkapan-dalam-berburu
cara-membersihkan-laras-senapan
cara-menyimpan-dan-merawat-senapan
panduan-menembak-tupai-pohon
memperingan-pompakokang-senapan-angin
mengatasi-sisa-angin-pada-senapan
cara-memasang-telescope-pada-senapan benjamin/cannon
masalah-yang-sering-timbul-pada-saat pemasangan telescope
cara-melepas-laras-pada-senapan-angin
zeroing-senapan
setting-peredam-pada-senapan-sharp
membuat-jelas-lubang-v-pada-visir/pisir (visor) senapan angin
cara-membersihkan-embun-air-pada telescope


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 22.00
.
GSA. Diberdayakan oleh Blogger.